my island

Orang Madura pada dasarnya adalah orang yang suka merantau karena keadaan wilayahnya yang tidak baik untuk bertani. Orang Madura juga senang berdagang, seperti besi tua dan barang-barang bekas lainnya.
Selain itu banyak yang bekerja menjadi nelayan dan buruh,serta beberapa ada yang berhasil menjadi Menteri atau Pangkat tinggi di dunia militer.

Madura juga terkenal akan gaya bicaranya yang blak-blakan dan sifatnya yang  mudah tersinggung, tetapi mereka juga dikenal hemat, disiplin, dan rajin bekerja. Untuk naik haji, orang Madura sekalipun miskin tapi tetap menyisihkan sedikit penghasilannya untuk simpanan naik haji.
Selain itu orang Madura dikenal mempunyai tradisi Islam yang kuat, sekalipun kadang melakukan ritual Pethik Laut atau Rokat Tasse. Dimana tradisi tersebut biasa dilakukan di pesisir pantai dengan meletakkan sesajen seperti tumpeng. Dan dilakukan selepas pulang dari masjid pada hari jumat.
Harga dirilah yang selalu dijaga dalam kehidupan orang Madura, mereka memiliki sebuah peribahasa lebbi bagus pote tollang, atembang pote mata. Artinya, lebih baik mati daripada malu. Sifat yang seperti ini melahirkan tradisi carok pada masyarakat Madura. Dan masih banyak lagi tentang Madura tunggu ajha info selanjutnya yaaaaaa…..!!!!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar