laporan percobaan 2


LAPORAN HASIL PENGAMATAN
PENGARUH TEMPERATUR TERHADAP LAJU REAKSI

A.    Tujuan

Menyimpulakan makin tinggi temperature makin cepat reaksi berlangsung.

B.    Alat dan Bahan


No.
Nama Alat / Bahan
Jumlah
1.
Gelas Kimia 250 ml
2
2.
Alat pembakar
1
3.
Kaki tiga – kasa
1/1
4.
Alar pengukur waktu
1
5.
Thermometer 0 – 100o C
1
6.
Larutan Na2S2O3  0,1 M
20 ml
7.
Larutan HCl  3M
2 ml
8.
Kertas
2
9.
Spidol
1

C.     Cara Kerja

1.      Membuat tanda silang yang sama pada dua helai kertas, kemudian meletakkan dua gelas kimia diatas kertas yang bertanda silang tersebut.
2.      Memasukkan 10 ml larutan Na2S2O3 0,1 M ke dalam gelas kimia I, kemudian ukur dan mencatat berapa suhunya.
3.      Menambahkan 1 ml larutan HCl 3 M dan kemudian mencatat waktu sejak penambahan itu sampai tanda silang hilang.
4.      Memasukkan 10 ml larutan Na2S2O3 0,1 M ke dalam gelas kimia II dan memanaskan hingga 36oC, kemudian mencatat suhunya. Dan menambahkan 1 ml HCl 3 M dan mencatat waktunya seperti di atas. Berapa betik waktunya sampai tanda silang hilang.
05
 
D.    Hasil Pengamatan

Percobaan
Volume
Suhu
(  oC  )
Waktu
(  detik  )
Na2S2O3  0,1 M
HCl  3 M
1
10 ml
1 ml
31
30
2
10 ml
1 ml
39
10

E.     Analisis Data

·         Pada percobaan pertama 10 ml larutan Na2S2O3  0,1 M dengan suhu 31oC dicampurkan dengan 1 ml larutan HCl 3 M dan waktu yang dibutuhkan sampai tanda silang hilang yaitu 30 detik
·         Dan pada percobaan kedua 10 ml larutan Na2S2O3  0,1 M dengan suhu 39oC dicampurkan dengan 1 ml larutan HCl 3 M dan waktu yang dibutuhkan sampai tanda silang hilang yaitu 10 detik

Menurut kelompok kami, hasil percobaan yang telah kami lakukan itu benar. Karena dari hasil yang kami peroleh makin tinggi suhu atau temperaturnya maka makin cepat pula laju reaksinya. Hasil ini sesuai dengan teori tumbukan yang ada. Bahwa bila terjadi kenaikan suhu maka molekul – molekul yang bereaksi akan bergerak lebih cepat, sehingga energy kinetiknya tinggi, dan mrngakibatkan energy yang dihasilakan pada tumbukan antar molekul akan menghasilkan energy yang besar dan cukup untuk melangsungkan reaksi.

F.     Kesimpulan

Dari percobaan yang telah kita lakukan maka dapat disimpulkan bahwa : semakin tinggi suhunya maka semakin tinggi pula laju reaksinya.

G.    Pertanyaan dan Jawaban Pertanyaan

v  Pertanyaan
1.      Waktu yang diperlukan untuk bereaksi jika reaksi berada pada suhu kamar 29oC ,  dan jika pereaksi dipanaskan 36 oC ? mana reaksi yang berlangsung lebih cepat?
2.      Mengapa salah satu reaksi dapat berlangsung lebih cepat?
3.      Jelaskan mengapa kenaikan suhu dapat memperbanyak terjadinya tumbukan antar molekul –molekul pereaksi?
4.      Bagaimana pengaruh suhu terhadap laju reaksi?
06
 
v  Jawaban
1.      Waktu yang diperlukan untuk bereaksi jika pereaksi berada paada suhu kamar 29 oC yaitu 30 detik, sedangkan waktu yang diperlukan untuk bereksi jika pereaksi dipanaskan sampai 36 oC yaitu hanya 10 detik saja. Maka yang bereaksi lebih cepat yaitu jika pereaksi nya dipanaskan sampai 36oC.
2.      Salah satu reaksi dapat berlangaung lebih cepat karena apabila semakin tinggi suhu berarti kemungkinan akan terjadi tumbukan  yang menghasilkan energy yang cukup untuk reaksi juga semakin banyak dan berakibat reaksi berlangsung lebih cepat.
3.      Kenaikan suhu dapat memperbanyak terjadinya tumbukan antar molekul –molekul pereaksi, karena apabila terjadi kenaikan suhu maka molekul – molekul yang bereaksi akan bergerak lebih cepat, sehingga energy kinetiknya tinggi. Oleh karena energy kinetiknya tinggi, maka energy yang dihasilkan pada tumbukan antar molekul akan menghasilkan energy yang besar dan cukup untuk melangsungkan reaksi.

H.   Evaluasi

1.      Jelaskan mengapa kenaikan suhu dapat mempercepat reaksi ?
2.      Suatu reaksi berubah kecepatannya menjadi dua kali untuk setiap kenaikan 15oC, apabila pada suhu 25oC laju reaksinya sama dengan V, berapa laju reaksi pada suhu 85oC ?
3.      Laju reaksi dari suatu reaksi tertentu bertambah menjadi dua kali lipat untuk tiap kenaikan temperature 10oC. Berapa kali lebih cepatkah reaksi tersebut akan berlangsung pada 75oC dibandingkan terhadap 25oC ?

Jawab:
1.      Kenaikan suhu dapat mempercepat  reaksi karena apabila terjadi kenaikan suhu maka molekul – molekul yang bereaksi akan bergerak lebih cepat. Sehingga energy kinetiknya tinggi. Oleh karena energy kinetiknya tinggi, maka energy yang dihasilkan pada tumbukan antar molekul akan menghasilkan energy yang besar dan cukup untuk melangsungkan reaksi. Dengan demikian , semakin tinggu suhu brarti kemungkinan akan terjadi tumbukan yang menghasilkan energy yang cukup untuk reaksi yang semakin banyak, dan berakibat
2.      Diket               :  n       = 2
∆T    = 15
07
V1     =  V
T1     = 25
T2     = 85
Ditanya           :  V2          ??
Jawab              :

V2   =   V1 (n)

V2   =   V 2

V2   =   V 24
V2   =  16 V

3.      Diket               :  n       = 2
∆T    = 10
T1     = 25
T2     = 75
Ditanya           :  V2          ??
Jawab              :

V2   =   V1 (n)

V2   =   V 2

V2   =   V 25
V2   =  32 V
Maka akan 32 kali lebih cepat reaksi tersebut akan berlangsung pada 75oC dibandingkan dengan 25oC.

08
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar