Kerapan Sapi


KERAPAN SAPI

Bangkalan adalah salah satu kabupaten yang ada di Madura. Di Bangkalan mempunyai banyak tradisiyang unik antara lain ; kerapan sapi dan carok (dalam bahasa  indonesia berarti berkelahi) dan lain sebagainya. Kerapan sapi dan carok adalah tradisi yang sangat terkenal di Madura bahkan sampai Luar pulau Madura.

Tradisi kerapan sapi melambangkan kehidupan ekonomi masyarakat madura. Karena masyarakat madura pada umumnya untuk memenuhi kebutuhannya bekerja sebagai petani. Dan mereka menggunak sapi untuk membajak sawahnya, dan lama-kelamaan kebiasaan itu menjadi sebuah tradisi masyarakat madura.
          
 Tahukah anda seperti apa Tradisi Kerapan sapi tersebut?
          Kerapan Sapi adalah istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi yang di kendalikan oleh seorang joki. Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu (tempat joki berdiri dan mengendalikan pasangan sapi tersebut) dipacu dalam lomba adu cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain. Panjang pacuan tersebut biasanya sekitar 100 meter dan lomba pacuan dapat berlangsung sekitar sepuluh detik sampai satu meter.
          
         Pelaksanaan Karapan Sapi dibagi dalam empat babak, yaitu : babak pertama, seluruh sapi diadu kecepatannya dalam dua pasang untuk memisahkan kelompok menang dan kelompok kalah. Pada babak ini semua sapi yang menang maupun kalah dapat bertanding lagi sesuai dengan kelompoknya.

Babak kedua pasangan sapi pada kelompok menang akan dipertandingkan kembali, dan demikian pula dengan sapi-sapi di kelompok kalah akan di pertandingakan kembali. dan pada babak ini semua pasangan dari kelompok menang dan kalah tidak boleh bertanding kembali kecuali beberapa pasang sapi yang menempati kemenangan urutan teratas di masing-masing kelompok.

babak Ketiga atau semifinal adalah babak untuk mencari tiga pasang sapi pemenangdan tiga pasang sapi kalah pada masing-masing kelompok. Pada babak keempat atau babak final, diadakan untuk menentukan juara I, II, dan III dari kelompok kalah.

Begitulah sekilas informasi tentang Tradisi kerapan sapi..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar