Asal usul aermata


ASAL - USUL AERMATA

Tahu kah anda dengan asal usul nama AERMATA? Dan tahu kah anda cerita tentang RATO EBU?

Rato Ebu (Ratu Ibu atau Ibu Ratu) adalah putri dari Sunan Giri yang dinikahi oleh Cakraningrat I. Cakraningrat I adalah Penguasa seluruh Madura yang berkedudukan di Sampang. Selama menjadi penguasa Madura, Cakraningrat I jarang berada di Sampang. Dia lebih banyak menghabiskan waktunya di Mataram. Kenyataan itu membuat istrinya (Rato Ebu) terus larut dalam kesedihan.

Dalam kesedihan dan kesepian Rato Ebu memillih untuk bertapa. Dia memilih pertapaan disebuah bukit kecil di Desa Buduran, kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura. Dalam tapanya, Rato Ebu terus-menerus menangis dan memohon kepada Tuhan sang Maha Kuasa agar keturunannya kelak tujuh turunan menjadi penguasa pemerintahan di Madura.

Menurut masyarakat setempat saat menjalani tapanya, Rato Ebu bertemu dengan Nabi Khidir As. Dari pertemuan tersebut dia mendapatkan wangsit bahwa permohonannya kepada Tuhan sang Maha Kuasa dikabulkan. Rato Ebu merasa senang sekali mendenger pernyataan tersebut. Ketika Cakraningrat I pulang ke Madura, dia menceritakan permohonannya kepada Tuhan sang Maha Kuasa dan wangsit ygng diterimanya.

Tetapi Cakraningrat I bukannya senang atas cerita istrinya (Rato Ebu) tersebut. Malah sebaliknya, Cakraningrat I marah besar dan kecewa kepada istrinya itu, karena dia hanya memohon hingga tujuh turunan. Betapa sedihnya Rato Ebu melihat sikap sang suami yang seperti itu. Dan akhirnya dia memutuskan tuk kembali ke pertapaannya. Sedangkan sang suami (Cakraningrat I) kembali lagi ke Mataram.

Di pertapaanyya, Rato Ebu memohon kepada tuhan sang Maha Kuasa, agar dosa-dosa suaminya dapat diampuni. Sambil bertapa dan berdoa, Rato Ebu tak henti-hentinya menangis dan meneteskan air mata, sehingga air matanya membanjiri sekitar pertapaanya. Dia terus menangis hingga dia wafat. Dan Rato Ebu pun dimakamkan di tempat pertapaanya tersebut. Karena banyaknya air mata Rato Ebu disekitar pertapaanya, maka masyarakat setempat menamakan pemakamannya dengan AERMATA (Air mata).

Begitulah asal muasala dan cerita sengkat tentang Rato Ebu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar